Sabtu, 20 Desember 2008

jatah CPNS

Kuota CPNS 484 PDF Print E-mail
Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2008 segera dilaksanakan. Tahun ini, Trenggalek mendapatkan kuota 484 formasi. Rekrutmen terdiri tiga jalur, yakni umum (312), honorer (152) dan sekretaris desa alias sekdes (20).

Kebutuhan tenaga pendidik alias guru masih cukup tinggi. Dari 312 CPNS jalur umum, 200 di antaranya untuk memenuhi tenaga pendidik.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek I Gede Siama. Selain tenaga guru, pemkab juga merekrut 66 tenaga kesehatan dan 46 tenaga teknis. "Saya tidak hafal untuk kuota guru, tapi sekitar 200 orang," ucap Gede ditemui di Lapangan Sumbergedong saat Lomba Panahan Tradisional siang, dua hari lalu.

Dengan adanya kepastian jumlah kuota tersebut maka pemerintah daerah akan menyiapkan formasi yang diperlukan. Misalnya untuk tenaga kesehatan. Berapa dokter yang dibutuhkan, serta berapa perawatnya. Tentu Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Dr Soedomo yang mengetahui secara rinci. Nantinya BKD akan menanyakan ke dua lembaga tersebut. Begitu juga untuk tenaga teknis, apa saja yang dibutuhkan. "Tentunya Pak Bupati dan pejabat lain nanti akan menyiapkan formasi sesuai dengan kebutuhan," tutur Gede.

Selain lewat jalur umum, juga ada CPNS dari tenaga honorer sebanyak 152 dan CPNS untuk sekretaris desa (sekdes) sebanyak 20 orang. "Untuk tenaga honorer nama-namanya sudah turun, tinggal melengkapi berkas-berkasnya," lanjut Gede.

Dijelaskan lelaki berperawakan tinggi ini, berkas-berkas yang diperlukan tersebut diantaranya surat keputusan (SK) dari pejabat pemerintah. Lalu menyertakan daftar gaji, baik yang berasal dari APBD maupun APBN. Lalu keterangan tentang masa kerja yang terus-menerus atau tidak pernah putus.

Ditambahkan Gede, untuk jalur umum rencananya seluruh daerah di Jawa Timur akan digelar secara serentak. "Tanggal berapa penyelenggaraan tesnya itu yang saya belum tahu. Cuma BKN menargetkan tahun ini sudah harus selesai," tandas Gede. (JP)

Tidak ada komentar: